PHJ – Edisi 9: Jakarta Dulu, Potret Kini (2011)

 

 

click image to download

Peta Hijau Jakarta Dulu, Potret Kini adalah bagian dari upaya Komunitas Peta Hijau Jakarta untuk mengumpulkan informasi lingkungan, budaya dan masyarakat untuk mendukung kehidupan berkelanjutan di Kawasan Kota Tua Jakarta.

Lima tahun pasca pembuatan Peta Hijau Jakarta (PHJ) edisi 4 yaitu Kota Tua Tahun 2005, komunitas PHJ menelusuri kembali kawasan Kota Tua Jakarta. Banyak hal baru yang ditemukan, namun ada juga beberapa titik hijau pada Peta Kota Tua edisi 4 yang telah hilang tak berbekas. Menjelajahi kawasan Kota Tua serasa mengunjungi miniatur kota Jakarta yang tengah kritis. Kota Tua tampak tak berdaya, limbung, dan sekarat “Hidup segan mati tak mau”.

Namun di tengah keprihatinan tersebut, relawan PHJ berhasil menemukan nilai positif yang dapat dijadikan sebagai modal untuk bangkit kembali. Kota tua memperlihatkan kemajemukan tempat-tempat peribadatan yang terpelihara (masjid, gereja, vihara), jejak kampung suku bangsa yang menggambarkan kebhinekaan struktur masyarakatnya, sisa-sisa bangunan tua bersejarah sebagai penanda (tengeran) kawasan , tempat-tempat pengumpul sampah anorganik dan tempat pengolah kompos. Walaupun terhimpit di antara bangunan-bangunan beton, ruang terbuka hijau berupa taman komunitas, jalur hijau, dan lapangan olahraga, masih ada dan dapat mempertahankan fungsinya.

Berbekal Peta Hijau, kita turut berperan dalam pelestarian Kota Tua dan menyelamatkan sejarah dan masa depan kota Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *