PETA HIJAU (www.greenmap.or.id) merupakan gerakan publik di berbagai kawasan (kecil) dunia, yang memetakan wilayah mereka dengan ikon-ikon Peta Hijau yang bersifat universal.

Tujuannya adalah meningkatkan kebiasaan hidup perkotaan yang sehat dan berkelanjutan dengan membantu warga kota lebih menyadari keberadaan serta interaksi antara sumber daya lingkungan dan kebudayaan. Sebuah peta lokal, berjaringan global.

Sejak tahun 2000 yang lalu, Marco Kusumawijaya membawa dan memperkenalkan Peta Hijau dan bersama teman-teman penggiat hijau di Jakarta mulai membuat Peta Hijau Jakarta (PHJ). Sejak itu, PHJ telah dan terus dibuat dengan berbagai tema—PHJ Edisi 1: Kemang (2001), Edisi 2: Kebayoran Baru (2002), Edisi 3: Menteng (2003), Edisi 4: Kota Tua (2005), Edisi 5: Jelajah Jakarta (Naik Transportasi) Hijau (2009), Edisi 6: Kenali Situ Jakarta dan Sekitar (2009), dan Edisi 7: 100 Lokasi Hijau di Jakarta (2010), Edisi 8: Keanekaragaman Hayati Jakarta (2011), dan Edisi 9: Jakarta Dulu, Potret Kini (2011).

PHJ merupakan bagian dari 350 Peta Hijau yang dibuat oleh komunitas di lebih dari 500 kota yang tersebar di 54 negara di dunia. Peta Hijau telah menjadi gerakan global dalam mengidentifikasi potensi lokal melalui 170 ikon universal. Dari standar internasional ikonisasi Peta Hijau versi ke 3 (2008), ada tiga genre isi Peta Hijau yakni kehidupan berkelanjutan (sustainable living), ekonomi hijau, desain dan teknologi, mobilitas, tanda-tanda bahaya; alam (nature), air dan tanah, flora, fauna, kegiatan di ruang terbuka; masyarakat dan budaya (culture and society), karakter budaya, eko-informasi, aktivisme dan keadilan, tengeran dan pekerjaan umum.

Peta Hijau mengajak warga untuk menjelajahi potensi titik-titik hijau Jakarta sebagai tempat wisata alternatif, menyosialisasikan keberadaannya, memicu kesadaran warga sekitar, dan memacu upaya pelestarian lokasi hijau yang ada. Lokasi mudah dicapai dengan berjalan kaki, bersepeda, atau memakai transportasi publik bus Transjakarta dan kereta api. Menjelajahi lokasi-lokasi hijau dengan yang cara hijau pula.
Mari temukan pengalaman-pengalaman mengenal lebih dekat lingkungan dan budaya kota untuk sikap dan wawasan yang berkelanjutan bersama Peta Hijau Jakarta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *